Panduan Membeli Mesin Jahit Portable

HOLaaaaaa…. dengan a yang panjaaaaaaang, boleh sambil nanyi dengan nada sopran. ah…. jadi inget amira willihagen yang kece ituh.

belakangan ini, mesin jahit portable tuh udah kayak kacang goreng ya…., perasaan (perasaan doang lho) laris banget. nah, buat Dearest yang kepincut sama MJ, boleh nih dibaca beberapa tips membeli mesin jahit dari aku.

  •  tujuan
  •  anggaran

sebenarnya point palingngngng pentingnya cuma dua itu aja. it’s serious, aku nggak boong, ini beneran. yuk, kita bahas satu-satu sebelum ke point sampingan lainnya.

TUJUAN –> apa sih tujuan kamu beli mesin jahit? buat apa? mau bikin barang unyu-unyu ala crafter kece? mau bikin tas pake bahan tebal? mau bikin selimut quilt yang ‘wow’? mau betulin baju-baju yang sobek? mau mendekin celana yang pas dibeli kepanjangan? mau mendekin rok? mau jahit baju? mau jadi penjahit yang buka usaha di rumah?

beda tujuan, beda mesin yang dibutuhkan ya. kalau tujuannya buat bikin barang craft dengan bahan tidak terlalu tebal, betulin baju yang sobek atau bahkan buka usaha jahitan di rumah, kamu bisa beli mesin jahit biasa, mesin jahit kepala hitam juga cukup oke, karena tujuan utama adalah: mesin jahit yang bisa jahit lurus. itu aja. cukup! cukup banget bahkan. tapi…. tapi nih ya, rumah tipe sekarang kan mungil unyu-unyu gitu, space agak susah lah ya untuk naro mesin kepala hitam plus meja-nya yang sudah build in, jadi kamu bisa pilih MJ portable, ini harganya bervariasi banget, mulai dari yang 250K sampe yang belasan juta juga ada, nah kita jadi masuk ke bagian ke dua deh, yaitu ANGGARAN.

ANGGARAN –> berapa anggaran yang kamu punya? ini penting banget…, walau sekarang udah banyak ibu-ibu kece yang mengadakan arisan MJ (tuh bisa nyicil deh kan jadinya). kalau anggaran kamu banyak, belasan juta, bebas pilih ya…. mau yang mana juga tinggal tunjuk, dan transfer. kelar urusan. tapi kalau anggarannya terbatas (kayak aku)? ya harus lebih cermat lagi untuk bandingin kanan-kiri, A-Z, 1-10. nah, yang ini masuk ke point sampingan.

  •  tujuan detail jahitan
  •  harga mesin jahit
  •  umur mesin jahit
  •  fitur mesin jahit
  •  review mesin jahit

yuk di bahas satu-satu

TUJUAN DETAIL JAHITAN –> kita sekarang lagi ngomongin mesin jahit protable ya, bukan yang mesin jahit jenis lain. tujuan detail jahitan yang dimaksud disini adalah jahitan seperti apa saja yang kamu butuhkan? yang pasti jahit lurus nomor satu ya, berikutnya jahit zigzag, jahit feston, kelim, bordir itu mengikuti. nah nah nah, karena aku fokusnya ke menjahit baju, jadi tujuan detail jahitan aku adalah jahit lurus dan zigzag. udah itu aja. se-simple itu. bisa dipenuhi dengan MJ harga satu jutaan (bahkan bisa banget dipenuhi dengan mj kepala hitam). tapi…. ternyata beda mj beda speed juga, aku butuh speed yang sedang, nggak pelan-pelan banget tapi juga nggak cepet banget (kalo cepat sekali udah ada mesin jahit high speed yang lebih mumpuni (untuk skala industri)). sebelum memutuskan beli, tanya speed-nya juga ya.

HARGA MESIN JAHIT –> anggaran kamu berapa? kalau anggarannya terbatas, bisa pilih mesin jahit sesuai budget yang kamu punya tapi aku say big NO NO NO buat mj portable yang harganya under 1 juta ya, tau kan mj yang aku maksud? kecuali kamu beli mj second yang harga barunya mungkin 1,2 terus dia jual 800K itu masih masuk akal ya. satu hal penting di harga MJ adalah ada harga ada kualitas (dimana-mana sama ya kayak ginian), ada harga, ada rupa.

UMUR MESIN JAHIT –> hm…., ini agak sulit. kenapa? soalnya aku baru terjun ke dunia jahit-menjahit lagi sejak tiga tahunan lalu, jadi umur mesin jahit paling tuaku adalah 3 tahun. katanya umur mesin jahit ini akan bergantung sama gimana kita ngerawatnya, rutin nggak si diminyakin? dipakenya sesuai SOP nggak?
MJ beda-beda spesifikasinya, katanya ada yang dalemannya full besi, ada yang campuran plastik, nah, ini detailnya juga nggak tau karena aku belum pernah bongkar 100%, ngeri…. takut cuma bisa bongkar tapi nggak bisa pasang, kan berabe.

FITUR MESIN JAHIT –> yeay…. biasanya makin beragam fiturnya, makin mehong harganya. selain jahit lurus dan zigzag, fitur yang penting banget di bahas untuk bahan pertimbangan sebelum membeli mesin jahit adalah: Needle threader alias pemasuk benang otomatis, ini penting untuk memudahkan kita memasukkan benang ke lubangnya tanpa nyari-nyari si lubang, bahkan benang basah pun gampang masukinnya🙂. fitur kedua yang sama pentingnya adalah fitur lubang kancing, mau yang 4 langkah atau satu langkah itu nggak masalah, yang penting ada, kadang kan malas juga ya bolak-balik ke pasar buat bikin lobang kancing. ya udah, itu aja fitur sampingan yang penting buat penjahit baju kayak aku. lha? mbaaaaaak Dian…. kalo semi obras? semi neci? itu gimana? heyyyy…. say…. yakinlah, kalo yang semi-semi itu kurang kece, kecuali musim semi di negara 4 musim sana ya…. jadi…. daripada mikirin semi obras, semi neci, mendingan anggaran yang ada di bagi 2, yang satu untuk beli mesin jahit dan satu lagi untuk beli mesin obras. win-win solution kan? terus necinya gimana? aaaah…. kebutuhan akan neci itu kecil sekali say…. kecuali kalau kamu produksi kerudung, khimar dll yang emang kebutuhan akan necinya di atas 50%, tapi kalo emang kebutuhan necinya di atas 50% ya mending beli mesin oras yang di upgrade jadi mesin neci sekalian. hasilnya memuaskan.

REVIEW MESIN JAHIT –> dibiasakan, sebelum beli apapun, cari info sebanyak-banyaknya, cari review dari pengguna (bukan penjual kalau bisa, kecuali penjualnya memang profesional sekaleeee), kalo sekarang mah bertebaran reveiw, panduan dll di google, cuma modal kuota aja kok. selain  itu kamu juga bisa tanya di grup-grup FB yang membahas tentang dunia jahit-menjahit, mereka kece-kece baik-baik kok, insyaAllah akan ada aja yang jawab pertanyaan kamu seputar MJ.

terusssss, menurut mbak Dian, MJ apa yang paling recomended?
jawabannya: MJ yang berfungsi dan nggak di-anggurin di rumah, di apelin lah ya minimal seminggu sekali, diminyakin secara berkala, dibersihkan secara berkala, di sayang-sayang, dirawat sebaik-baiknya, dan…. aku nggak recomendasikan jahit tebal (sekali) dengan MJ portable ya… bisa kendor settingan dalamnya…. sayang kan… jadi dibatasi ketebalan bahannya ya…. maksimal 5 lapis kain katun deh….

oh iya, untuk sementara ini, fasilitas di tempat aku ada satu mj high speed dan satu mesin obras high speed, sementara untuk MJ portable baru ada 3, yaitu si SUV1 (janome), si ‘penyanyi’ (singer) dan ‘Bro’ (brother).

untuk yang mau belajar pola dan belajar jahit sambil nyobain MJ (baik portbale maupun high speed) dan mesin obrasnya, bisa banget ikutan sewing class di rumahku. untuk info lebih lanjut klik ‘about’ ya. untuk harga bisa japri langsung ya (karena harga masih terus ‘naik-naik’ ke …. kemana ya…. kesana deh pokoknya).

MJ high speed

MJ high speed

mesin obras high speed 4 benang

mesin obras high speed 4 benang

mesin jahit portable suv1 dan penyanyi

mesin jahit portable suv1 dan penyanyi

mesin jahit portable 'Bro'

mesin jahit portable ‘Bro’

semoga tips dari aku berguna ya….
see you on next post.

Jakarta, 19 Oktober 2016 12:46 WIB

Regards,

diantian

 

 

tagging:
belajar membuat celana, membuat celana panjang dewasa, belajar membuat celana panjang, belajar menjahit celana, belajar menjahit celana panjang, belajar menjahit, belajar menjahit biaya murah, kursus jahit murah, kursus jahit tangerang selatan, kursus jahit di tangerang selatan, kursus jahit bintaro, kursus jahit ciputat, kursus jahit biaya terjangkau, les jahit murah, les jahit private, les jahit celana, belajar menjahit busana wanita, belajar menjahit gamis, belajar menjahit pakaian wanita, belajar menjahit dress, cara membuat celana, cara membuat baju, cara membuat dress, belajar menjahit, belajar membuat blazer, membuat blazer sendiri, belajar membuat blazer sendiri, menjahit sendiri, membuat pakaian wanita, membuat kantong paspoile, membuat saku bobok, membuat saku, belajar membuat saku, membuat saku jas, membuat saku blazer, membuat macam-macam saku, belajar membuat blouse, membuat baju wanita, belajar membuat baju wanita, kursus membuat kemeja, kursus membuat baju anak, kursus menjahit dasar, belajar menjahit seru, menjahit menyenangkan, les jahit serpong, les jahit bsd, kursus jahit serpong, kursus jahit bsd, kursus jahit murah, belajar jahit murah, belajar jahit per tema, belajar menjahit seru, panduan membeli mesin jahit, tips membeli mesin jahit, membeli mesin jahit, panduan membeli mesin jahit, mesin jahit portable, beli mesin jahit portable

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s