Belajar Menjahit: blouse dengan lengan berpita

hai hai hai….
judulnya agak-agak nggak nahan ya? hehehe…. biasa lah ya… buat branding dan promo juga siiiii (tengkyu all Dearest….)

langsung aja ya…. cerita ke intinya aja, soalnya lagi banyak yang mesti dikerjain, jadi ya…, semacam dikejar-kejar waktu (What?! emang waktu bisa ngejar gitu?) *bercanda deeeeeh

pagi shubuh yang dingin karena AC (duh, sejujurnya aku nggak terlalu kuat sama dingin ya), maka marilah kita mulai tulis menulis–masih sambil dengerin kali kedua-nya Raisa–yang udah dari kemarin diulang-ulang terus.

awalnya si ini cuma karena agak iseng aja (iseng yang produkif kan kece ya?). waktu itu lihat-lihat buku, modul, majalah, dll dll deh pokoknya, lantas jadi ingin berkreasi lebih (aku suka banget bikin sesuatu yang beda dari kreaasi-kreasi sebelumnya; semacam explore ilmu gitu), nah kali ini explore-nya terletak pada bagian lengan. simple sih sebenarnya, lengannya di bagi dua, dipola sedemikian rupa sampai ada bagian tersisa agak menjuntai, kemudian dijahit klim kecil pinggirannya, dan akhirnya diikat bagian depan dan belakangnya.

ah, gimana ya? aku nggak sempet foto polanya si ya…. jadi aku langsung kasih hasil jadinya aja ya? oke kan? oke laaaah!

lengan berpita

lengan berpita

ini asli, susah jahit klim pinggirannya. soalnya dia agak runcing di bagian pinggir (jadi aku nggak rekomendasiin buat yang baru mau belajar jahit ya), tapi kalo mau eksplore, ya aku cuma mau bilang: “ayo kita kemon!!!”

kalau untuk pola bajunya sendiri yang digunakan adalah pola blouse berkancing depan standar biasa, nggak ada perubahan apapun, dan bahan yang digunakan semacam kain katun mix polyester (nggak murni katun 100%), yang kainnya memang transparan dan belinya dong…, udah luaaamaaaa (aduh, penimbun! semoga cepet abis bahan kain yang udh kebeli ya, biar bisa beli lagi maksudnya)

balik lagi ke bajunya ya, polosan simple dan lengan pendek. kalo ada pertanyaan: mbak dian berjilbab kan? kok bikin bajunya pendek-pendek si? nggak sekalian bikin yang tangan panjang aja biar bisa dipake keluar rumah gitu?

ini jawabannya agak idealis si ya… aku emang suka bikin baju yang manis-manis kayak gula gitu, yang girly-girly kayak gamis macem-macem, tapi…. kalo keluar rumah, hobi aku ya pakenya celana panjang, kaos katun dan kerudung segiempat, aku ini dari kecil agak tomboy sebenarnya, bahkan sempet ya, pengiiiiin banget naik pagarnya sepupu sambil main layangan dari atas pagar kayak kakak aku dan sepupu-sepupunya yang cowok, keliatan seru banget (dan main layangan masih jadi impian aku lho!)

nah, karena emang udah nyamannya pake celana, kaos dan kerudung segiempat, tapi naksir baju-baju kece yang kecewean banget (apa si?) ya akhirnya aku putuskan baju-baju kece itu untuk dipakai di rumah, untuk tugas negara, sambil jahit, sambil masak, sambil santai seraya memandang pohon pepaya dan pisang, kalau beruntung bisa lihat burung-burung gereja yang bertengger di kawat duri rumah, sambil nyuci (pake mesin), sambil nyetrika, sambil nyuci piring. ah…. seriusan, baju bikinan sendiri koleksi rumahan yang girly itu sudah ada beberapa dan karena ‘baru beberapa’ penginnya nambah lagi-nambah lagi dan lagi. dan balik lagi ya… baju dinas rumahan ya kayak gitu, karena aku emang suka baju-baju itu. jadi…., kalo kamu memutuskan untuk ikutan sewing course sama aku, terus lihat penampilang aku yang sama tiap hari = celana panjang + kaos + kerudung segiempat dan bukannya pake baju-baju hasil jahitan sendiri, jangan heran ya….😀

jadi tipe aku itu, suka banget baju sexy ala wanita karier yang aaaahhhhh itu kalo di stasiun sudimara aku ngerasa kayak lagi liet fashion show…. macem-macem dan bikin terinspirasi.

sekarang aku kasih pict detail blouse berlengan pita ini:

blouse lengan berpita

blouse lengan berpita

kalo ada yang nanya tentang roknya, aku akan jawab: rok murah! belinya di sebrang stasiun tanah abang. harganya? 25K. murahan? dari kualitas jahitan iya, murahan, hasil konveksi sistem jahit cepat (sesuai cost produksi yang mungkin cuma 3000 – 5000/pcs-nya), tapi dari segi model…, aku suka. ini namanya rok pias 6 (atau 8, ya? lupa, nggak itung), kalo kamu mau belajar rok pias itu, biayanya justru jauh lebih mahal (berkali-kali lipat) dibanding kamu beli jadi.

oh iya, waktu jahit bagian lengannya (menyatukan bagian lengan dengan badan) sempat difoto, kalau kamu belum berani langsung jahit mesin, bisa kok melalui tahap jelujur dulu (jahit lurus dengan jarak tertentu dengan menggunakan tangan, setelah selesai jahit mesin, jahit jelujur ini sebaiknya dibuka)

jahit lengan

jahit lengan

dan…. kesukaan dari penampilan kece ala wanita karier adalah memasukkan baju ke dalam rok yang kayak gini nih:

i use at home

i use at home

ya! aku pake bajunya kayak gini di rumah. ada beberapa style si, tapi rata-rata ya kayak gini, suka masukin baju ke rok/celana, kesannya jadi lebih sexy dan langsing dan bikin mood serasa di kantor (hehehe). ada juga baju favorit aku. muraaaaah banget harganya cuma 15K dan roknya juga 20K belinya di toko baju di Ciputat dan itu jadi favorit banget dan saking favoritnya, jadi sering dipake dan sering dicuci, jadi…. ya… udah agak rusak jahitan-jahitannya.

tadinya aku cuma mau nulis dikit lho tentang blouse berlengan pita, tapi kok malah jadi panjang ya? jadi cerita kemana-mana ya…. gpp lah ya, masih fokus di bajunya ini.

oke.sip.sampaidisinidulu. see you next post.
bye…

Jakarta, 19 Oktober 2016

regards,

Diantian

 

tagging:
belajar membuat celana, membuat celana panjang dewasa, belajar membuat celana panjang, belajar menjahit celana, belajar menjahit celana panjang, belajar menjahit, belajar menjahit biaya murah, kursus jahit murah, kursus jahit tangerang selatan, kursus jahit di tangerang selatan, kursus jahit bintaro, kursus jahit ciputat, kursus jahit biaya terjangkau, les jahit murah, les jahit private, les jahit celana, belajar menjahit busana wanita, belajar menjahit gamis, belajar menjahit pakaian wanita, belajar menjahit dress, cara membuat celana, cara membuat baju, cara membuat dress, belajar menjahit, belajar membuat blazer, membuat blazer sendiri, belajar membuat blazer sendiri, menjahit sendiri, membuat pakaian wanita, membuat kantong paspoile, membuat saku bobok, membuat saku, belajar membuat saku, membuat saku jas, membuat saku blazer, membuat macam-macam saku,belajar membuat blouse, membuat baju wanita, belajar membuat baju wanita, kursus membuat kemeja, kursus membuat baju anak, kursus menjahit dasar, belajar menjahit seru, menjahit menyenangkan,les jahit serpong, les jahit bsd, kursus jahit serpong, kursus jahit bsd, kursus jahit murah, be;ajar jahit murah, belajar jahit per tema, belajar menjahit seru

 

Leave a Reply

