Cara Mengisi SPT tahun 2014 pada Maret 2015

Halo….,
selamat Sore semuaaaaaaa….

sore ini, aku baru saja melapor SPT. sejak tahun lalu aku sudah melakukan pelaporan pajak secara online lho… kok bisa?

begini ceritanya: dua tahun yang lalu, tahun 2013, saat melakukan pelaporan pajak tahun 2012, dapat info kalau kita bisa melakukan pelaporan pajak secara online, jadi kita nggak perlu repot-repot dan buang waktu untuk datang ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) daerah kita menerbitkan NPWP atau tidak perlu ke tempat-tempat dimana KPPP meletakkan dropbox mereka. paling nggak, kita tinggal duduk manis di depan komputer kantor atau rumah.

waktu melakukan Pelaporan Pajak tahun 2012 itu, aku bertanya tentang pelaporan pajak online dan petugas pajak dengan baik hati menjelaskan bahwa aku harus meminta e-fin di lantai bawah (dimana kita meminta npwp dulu), lalu setelah mendapatkan e-fin (dapatnya sih cuma sebentar, yang lama kan antrinya… hehehe), kita harus melakukan verifikasi dalam waktu selambat-lambatnya 30 hari untuk mendaftarkan e-mail kita.

setelah selesai, baru deh kita dapat username (NPWP kita sendiri) dan juga password-nya. nah, inilah yang bisa kita gunakan untuk registrasi/login ke e-filing-nya kantor pajak.

terus gimana? jadi buat kamu-kamu yang belum pernah minta e-fin…, ya… mau nggak mau harus ke KPPP dulu ya… minta e-fin terus registrasi via email kamu untuk dapatkan password kamu.

setelah itu kamu bisa jalan-jalan ke sini:

https://djponline.pajak.go.id/account/login

halaman e-filing

halaman e-filing

isi NPWP dan password kamu sesuai dengan yang ada di e-mail ya (sepertinya bisa juga melalui nomor ponsel)

aaaaaaaaaaaa

aaaaaaaaaaaa

karena gajiku masih di bawah 60 juta, maka aku mengisi form 1770 SS, kalau baru pertama isi, kamu bisa pilih status SPT –> normal, tapi kalau sudah pernah melakukan pengisian tapi ingin di-revisi, silakan isi –> pembetulan yang disertai dengan nomornya (jika itu pembetulan pertama maka isi angka satu dan seterusnya ya)

aaaaaaaaaa

aaaaaaaaaa

isi nominal gaji kamu di A. 1, sesuai dengan SPT yang kamu punya, jangan diisi asal ya…, lalu yang nomor A. 3 itu merupakan penentuan berapa besar SPT yang harus kamu bayar, gampangnya gini: itu adalah status kamu, apakah sudah menikah? ataukah sudah punya tanggungan? ataukah tanpa tanggungan? atau belum menikah? pokoknya pilih itu dan akan keluar angka disana.

aaaaaaaaaaaa

aaaaaaaaaaaa

jika kamu sudah selesai mengisi SPT, sekarang kamu klik kata “disini” yang ada di form, lalu tunggu verifikasi yang masuk ke e-mail atau ke no handphone-mu. jika verifikasi sudah masuk, ketikkan di kolom yang tersedia, lalu klik “Kirim SPT”

aaaaaaaaaaaaaa

aaaaaaaaaaaaaa

jika sudah akan muncul pilihan seperti gambar di atas, kalau aku siiii, pilihnya “PUAS”. kenapa? karena aku tidak perlu lagi ke kantor KPPP yang harus menggunakan dua kali ganti angkot😦 alias jauh dari rumah. dengan adanya e-filing ini aku merasa lebih efektif dan efisien. ya nggak? kalau kamu setuju sama aku, kamu juga bisa lakukan hal yang sama: pilih kata “PUAS”.

Selesai... YEAYYY

Selesai…
YEAYYY

karena ini kedua kalinya aku mengisi melalui e-filing, maka aku punya dua dokumen SPT. setelah semua selesai, kita akan dapat e-mail lagi:

e-mail

e-mail

see? mudah bukan? it’s too simple, Dearest…
jangan lupa ya untuk lapor SPT kamu…, waktunya tinggal 7 hari lagi lho…

Thamrin, 24 Maret 2015 18:00 WIB

keyword:
cara memperoleh e-fin, cara melakukan pelaporan SPT secara online, e-FIN, E-filing, Pajak, lapor SPT, lapor pajak, mengisi SPT online,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s