Macam-macam Kantong atau saku

yippie!
yippie!
Horay!!!

ye… ye… ye..
lalala… syalala…
syubidambidam senangnya hatiku tak terkira, Dearest D

senangngngngngng pake kebangetan deh!
why oh why?
because you, Dearest D
!!!
you.. you… and you…!

ya!
kamu….
yang kece-kece yang lagi baca blog aku ini.
terimi kisih…., hehehehe

so, dimulai dari mana kita bercerita kali ini?

gimana kalau dimulainya dari suatu kenyataan yang membahagiakan karena ternyata hari ini kuota bonus internetku masih berlaku. tralala… trilili… (inget kan gayanya Agnes sama Kak Irgi waktu bawain acara ini sekian tahuuuuun yang lalu? yuk praktekin, Dearest….)

mumpung masih gratisan…. yuk mareeeee!

1. yang pertama ini namanya SAKU TEMPEL, sesuai namanya, ya sifat saku ini hanya ditempel alias tidak merusak (baca gunting) bagian bahan utamanya. nah, biasanya saku tempel ini suka diaplikasikan pada pakaian batik yang ready stok (ada juga sih yang pake saku model lain), tapi biasanya yang harganya murah pakai saku tempel ini dan letaknya juga nggak presisi. biasalaaaah, ada harga ada kualitas juga. ok, sip. beginilah fotonya.

Kantong Tempel

Kantong Tempel

2. kalau yang dibawah ini adalah SAKU KABINET, biasanya ada juga di seragam-seragam resmi para PNS pemda yang bajunya ijo-ijo itu lho…, *dengan catatan: kalau tidak salah ingat!
kalau menurutku, ini bikinnya agak ribbbbbwet… tapi… berhubung ini adalah tugas jahit menjahit, maka ini kudu, wajib dan harus dikerjakan… oalaaaaaaa.😦 mingkem aja deh!

oh iya, atau juga ada di baju SAFARI… ayooo… masih inget baju SAFARI? coba deh tonton Laskar Pelangi, kayaknya ayahnya Ikal pernah pakai baju Safari deh.

Kantong Kabinet

Kantong Kabinet

3. sedangkan yang ketiga ini adalah KANTONG DALAM TYPE 1 (aduh… bahasanya….)
kantong dalam type satu ini biasanya diaplikasikan di celana

Kantong Dalam 1

Kantong Dalam 1

4. dan yang ini adalah KANTONG DALAM TYPE 2, beda dengan saku dalam yang pertama hanya dibagian luarannya yang, yang satu berbentuk melengkung sementara yang kedua ini berbentuk agak kotak.

Kantong Dalam 2

Kantong Dalam 2

5. yang dibawah ini namanya KANTONG SAMPING dengan PASPOILE, aku belum bisa menjelaskannya ya kenapa namanya paspoile dll, yang aku tahu ya cuma yang namanya  paspoile bentuk dan rupanya seperti ini:

Kantong Samping dengan Paspoile

Kantong Samping dengan Paspoile

yang ini penampakan si kantong samping dengan paspoile bila dilipat (seolah-olah hanya bagian depannya saja)

Kantong Samping dengan paspoile tampak depannya saja

Kantong Samping dengan paspoile tampak depannya saja

kalau Dearest D mau bikin saku model ini, aku sudah buat tutorialnya disini. silakan diikuti step by stepnya. semoga berhasil dan tutorialku bermanfaat sehingga jadi pahala (oooowwwwcccch…)

6. sedangkan yang ke-enam ini adalah KANTONG SAMPING, biasanya diaplikasikan di celana. agak ribet buatnya dan banyak tahapannya, bahkan sampai ada tahap mendedel pula!

Kantong Samping

Kantong Samping

buat Dearest D yang mau belajar membuat kantong samping ini, silakan lihat tutorialnya di sini, ya….

7. kantong kali ini hampir sama dengan kantong nomor 5, namanya KANTONG PARPOILE LIDAH I, lebih dikenal dengan saku bobok, hanya bedanya kantong yang ini dibuat ditengah bahan utama. cara membuatnya ya… harus banyak latihan deh kalau ingin hasilnya oke, rapi, memuaskan dll, pokoknya yang namanya penjahit profesional itu punya satu aspek penting, yaitu: jam terbang!

Kantong Paspoile lidah I

Kantong Paspoile lidah I

8. tidak beda jauh dengan gambar di atas, kantong yang ini adalah KANTONG PASPOILE LIDAH II dinamakan lidah dua mungkin (mungkin, ya) karena lidahnya ada dua, coba aja bandingkan dengan kantong yang ketujuh. bedanya hanya disitu aja kok, cara yang lainnya hampir sama. serius deh!

Kantong Paspoile Lidah II

Kantong Paspoile Lidah II

9. nah, ini namanya SAKU VEST, katanya sih, saku ini biasanya digunakan untuk jas cowok. itu tuuuuh yang biasanya ada sapu tangan atau sekuntum bunga itu lhoooo… tau kan? nggak tau? ya udah coba disearching dulu deh pake google… hehehe ^.^V (peace…)

Saku Vest

Saku Vest

saku vest ini kalau dilihat-lihat hampir sama dengan kantong paspoile lidah satu, tapi dari teknik pengerjaan awalnya beda lho.. ini detailnya:

Detail Saku Vest

Detail Saku Vest

terlihatkan ada dua jahitan dibagian kiri dan kanannya? itu yang tidak ada di kantong paspoile lidah 1.

10. dan…. yang paling terakhir (yang diajarkan bu guru berdasarkan buku kursus menjahitnya), ya saku ini. namanya SAKU KLEP. jangan tanya kenapa namanya saku klep, ya! karena seriusan deh aku sama sekali nggak tahu! dan memang nggak mau mengira-ngira dari arti klep itu. oke? setuju?

*lagian GR banget siiii aku.., serasa pengin banyak yang nanya aja! senyum aja deh.

Saku Klep

Saku Klep

ini detail dari saku klep-nya, bisa diangkat/buka seperti ini

Detail Saku Klep

Detail Saku Klep

Saku Klep detail 2

Saku Klep detail 2

dan sakunya beneran saku lho, alias bisa menampung sesuatu (hahaha, bilang aja bisa untuk ngantongin uang atau kue)

Saku Klep Detail 3

Saku Klep Detail 3

baiklah, demikian itu macam-macam saku yang sudah aku buat. jumlahnya ada sepuluh (kalau di tulisan ini jumlahnya kurang dari sepuluh, kasih tahu, yaaaaa….)

kantong seksiiii

kantong seksiiii

Tangerang Selatan, 13 November 2014  17:59 WIB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s