membuat strapless shirt sendiri alias tank top

He…. to the lloooowwww…. alias
Helloooooowwwww

apa kabar, Dearest D….? semoga sehat ya….
kali ini aku datang dengan membawa sesuatu yang bekas (sudah tak terpakai) menjadi sesuatu yang baru nan keceh!
ceki-ceki di sini, Dearest D… oh iya, khusus untuk tutorial, aku bikin tutorial step by step juga di akun instagram @bikinsendiriah di sana (baru) ada tutorial pencil case dan cara memakai spidol dan crayon kain, penginnya terus nambahin yang baru minimal seminggu sekali…., doakan konsisten ya, Dearest D

yup yup yup, yuk kita mulai cerita membuat strapless shirt sendiri dari sini…
yuhuiiiii

jadi, sebelum lebaran nggak sengaja nemu rok kece ini di salah satu toko supplier, Dearest D….
nah, akhirnya tiba masanya aku pun pake rok kece ini (Di rumah, ya…, soalnya roknya pendek). rok ini sumpah deh super duper kece dan akhirnya membuatku lebih keceh… (yang ini namanya narsis, jangan diikutin ya….).

pengin tahu kan penampakan rok kece itu kayak gimana? kaya gini, Dearest D….

Rok ini kece banget kan? manisnnya nggak nahan euy....

Rok ini kece banget kan? manisnnya nggak nahan euy….

nah, sayangnya aku nggak punya baju kece yang senada warnanya kayak roknya, nah keingetan dongs sama kaos punya adik yang udah nggak dipake karena katanya kegedean, waktu itu sempet nanya itu kaos mau dipake nggak, terus dia jawab nggak, ya udah aku pinta aja dan dikasih deh. kaosnya sih gede pake banget dan aku emang rencana mau bikin sesuatu pake kaos itu.

nah beginilah si kaos itu

Kaos kebesaran alias kegedean yang sudah tidak dipakai

Kaos kebesaran alias kegedean yang sudah tidak dipakai

kan udah begitu ya, D… maka marilah mulai kita mengeksekusiiiii
tapi…. siapin alatnya yuk, kayak ini nih

dua perangkat tempur penting dalam dunia jahit menjahit, meteran dan gunting

dua perangkat tempur penting dalam dunia jahit menjahit, meteran dan gunting

gunting dan meteran ini fungsinya cukup penting ya, D…
dan yang nggak kalah penting: jeng jeng jeng

jarum pentul ini termasuk item untuk jahit menjahit yang punya fungsi cukup penting

jarum pentul ini termasuk item untuk jahit menjahit yang punya fungsi cukup penting

nah, jangan lupa juga siapin bahan dan alat lain seperti benang, Mesin jahit (kalo nggak punya bisa siapkan jarum jahit aja), penggaris, pulpen atau pencil jahit atau kapur jahit.

kalo udah siap, cap cus yuk, Sis…

STEP 1 –
pertama, siapkan kaos yang tadi itu. yang itu lho… yang kegedean itu, diletakkan di meja besar (kalo ada), kalo nggak punya (seperti akyu), ya taruh dilantai aja…. dibentangkan ya Dearest D…

bentangkan kaosnya, ya...

bentangkan kaosnya, ya…

 

STEP 2 –
Bikin gambar seperti ini dengan ketentuan a. Garis atas adalah 1/2 lingkar dada – 3 cm b. Garis samping kanan dan kiri adalah panjang t shirt yang kamu inginkan c. Garis bawah adalah 1/2 lingkar pinggang
WP - p3 - strapless pink - bikinsendiriah

siapkan guntingnya
WP - p4 - strapless pink - bikinsendiriah

STEP 3
gunting bagian yang sudah diberi tanda seperti gambar di bawah, guntingnya kalau bisa menggunakan gunting yang tajam, ya, Dear…. biar lebih mudah. jangan pernah lupa untuk merawat guntingmu, karena gunting adalah aset penting (sumpah, ini adalah edisi: SOK tahu!!!). selain karena harganya yang lumayan (cuma 25K perasaan), warnanya keceh pink gitu…. aih aih…

tips untuk merawat gunting cukup mudah kok, simpan kembali setelah dipakai, jangan sampai terjatuh dan jangan jugakan untuk menggunting barang lain, misalnya nih kita punya gunting khusus untuk kain, sebaiknya gunting tersebut tidak digunakan untuk menggunting item lain seperti halnya kertas, karton atau lainnya. gunakan gunting tersebut hanya untuk menggunting bahan. jadi… kalau bisa harus punya gunting lebih dari satu, ya…. guntingnya untuk kain ya dipakai untuk kain saja, begitupun gunting kertas, gunting benang, dsb, dsb deh… mau tau koleksi gunting aku? jangan ditanya…. banyak…. tapi sering hilang!!! *samaajaboong ;p

WP - p4a - strapless pink - bikinsendiriah

STEP 4 –
balik kaos yag sudah digunting sehingga bagian dalam menjadi bagian luar
WP - p5 - strapless pink - bikinsendiriah

fotonya jadi seperti ini (sudah dibalik ini ya…)
WP - p5a - strapless pink - bikinsendiriah

STEP 5 –
beri jarum pentul di ujung bawah, gunanya untuk menyematkan dua bahan (atas dan bawah) agar tidak bergeser satu sama lain
WP - p6 - strapless pink - bikinsendiriah

sematkan juga pada bagian atasnya.
WP - p6a - strapless pink - bikinsendiriah

WP - p6b - strapless pink - bikinsendiriah
Nah, jadinya kedua ujung di beri pin seperti foto di atas ini. Gunanya apa sih? Kok ujung-ujungnya diberi jarum pentul duluan? Yup, gunanya adalah agar tidak ada selisih di antara kedua bahan kaos tersebut.

Kalau ujungnya sudah, sekarang sematkan pentul diantara ujung-ujungnya, seperti foto di bawah ini

WP - p6c - strapless pink - bikinsendiriah

STEP 6 –
Sematkan jarum pentul di sisi kanan dan kiri
WP - p6d - strapless pink - bikinsendiriah

STEP 7 –
Ready for sewing…. Siapkan benang dengan warna senada, lalu dijahit
WP - p7 - strapless pink - bikinsendiriah

WP - p7a - strapless pink - bikinsendiriah
Kalo kamu nggak punya mesin jahit, bisa kok jahit pakai tangan, jahit jelujur aja yang penting dijahitnya di double-double biar jahitan kuat.

STEP 8 –
kalau sudah selesai dijahit, ujungnya dilipat, kira-kira 1 cm ke arah dalam.
WP - p8 - strapless pink - bikinsendiriah

lalu lipat lagi kurang lebih 3 cm (jadi yang bagian 1 cm tadi ada di dalamnya)
so…. nggak usah obras-mengobras untuk bagian yang ini. Oh iya, teknik lipat, dua kali lipat itu dinamakan klim, kalo tidak salah
WP - p8a - strapless pink - bikinsendiriah

Sematkan jarum pentul untuk semua keliling bagian atasnya ya…. kayak gini nih
WP - p8b - strapless pink - bikinsendiriah

STEP 9 –
bagian yang sudah disematkan pentul tadi, sekarang dijahit ya, D… dijahit mengeliling
WP - p9 - strapless pink - bikinsendiriah

hasil jahitannya seperti foto di bawah ini:
WP - p9a - strapless pink - bikinsendiriah

Ini hasil dari step 9 Tips untuk jahit bahan kaos seperti ini adalah dengan sedikit ditarik, ya, Dearest D…. biar benangnya nggak putus saat kita memakainya.

WP - p9b - strapless pink - bikinsendiriah

Nah, jadi kan…. Tapi…. kok biasa aja, ya? Nggak keren…. Lurus lurus aja tampangnya… Hm… bagusnya diapain ya?

Aha! Lihat step 10-nya ya….

STEP 10 –
ambil tengah depan bagian atas yang tadi sudah di klim, tandai kurang lebih 15 sampai 20 cm (persis ditengah, ya…. biar hasilnya bagoooos) Kelihatan kan tandanya?
WP - p10 - strapless pink - bikinsendiriah

Siapkan karet seperti ini, kemudian dijahit sepanjang garis yang sudah dibuat tadi, untuk menjahit karet seperti ini, sambil mesin jahit jalan, sambil karetnya ditarik ya….
WP - p10a - strapless pink - bikinsendiriah

Setelah selesai menjahit karet pada bagian yang sudah diberi tanda tadi, lalu tambahkan satu garis karet lagi kira-kira satu cm di bawah karet yang pertama Jahit lagi…. Lagi-lagi jahit
WP - p10b - strapless pink - bikinsendiriah

Dan… inilah hasil dari penambahan dua garis karet tadi. Kalau mau tambah cantik dan manis lagi, kamu bisa tambahin lace atau bordiran atau mutsin…. Karena aku bikin #straplesstshirt ini untuk rok yang udah ada lace dan aplikasi ruffle-nya, jadi aku nggak nambahin apa-apa lagih…. karena kalo ditambahin pasti jadi rame pake bingits deh,….
WP - p10c - strapless pink - bikinsendiriah

It’s finish…. Dipaduin sama rok ruffle ber-lapis kayak gini jadi kece banget kan? Yuk, ikutan bikin…. Bongkar-bongkar lemari dan cari kaos yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai lagi….
WP - p-finish - strapless pink - bikinsendiriah

sekarang kita bandingkan before dan after-nya…. lumayan kan hasilnya…. di sela waktu iseng, kita justru bisa bikin sesuatu yang lama jadi terlihat baru…
WP - p1 - strapless pink - pict 1 - labelbikinsendiriah

mari… mari… kita berkampanye “useless to be usefull”

oh iya… untuk pemesanan hijab, pashmina, jahit baju, dll sebagainya, sekarang sudah kembali ke nomor awal lagi ya… (Tab-ku sudah benar) 08892374346 (hanya WA, tidak bisa balas sms), bisa melalui FB diantiany bisa ke FP juga diantian_official. bisa lihat koleksi-ku di IG juga diantian_official

Terima kasih banyak, Dearest D…. tanpa kalian bisnisku tak berjalan kiss kiss….

tangerang Selatan, 7 November 2014 08:12 WIB

One thought on “membuat strapless shirt sendiri alias tank top

  1. Pingback: Tutorial Edition: membuat manset tangan sendiri | it's about my new life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s