Tutorial – Kantong (Saku) samping dengan Paspoile

Assalamu’alaikum….

alhamdulillah, sempat untuk membuat sedikit tutorial ini (walaupun sedikit tapi lumayan menyita waktu rupanya). ceritanya…., sudah beberapa waktu itu diriku lulus dari tingkat dasar (maksudnya praktek di tingkat dasar sudah dilalui semua. kiss kiss aaaaahhhh).

kemudian, memasuki tingkat trampil ini, bagian pertama adalah membuat macam-macam saku. bermacam-macam deh pokoke…

sebelum membuat bermacam saku itu, tentu terlebih dahulu harus membuat persiapannya. banyak. bikin potongan kain kecil-kecil seperti ini:

bikin potongan kain, agar tidak kusut, digulung, serasa stik perca, ya....

bikin potongan kain, agar tidak kusut, digulung, serasa stik perca, ya….

agar memudahkan dan bertujuan tidak tertukar, diberi nomor. disatukannya dengan jarum pentul.
banyak sekali ya? hihihihi sampai bete bikinnya dan berujung pada malas-malasan berangkat les.

demikian itu sedikit intermezzo-nya. kali ini aku sudah menyiapkan tutorial dari salah satu saku yang aku buat. maaf, ya… skip-skip nggak apa-apa, kan? maklum, baru terlintas untuk membuat tutorialnya justru ketika sudah selesai membuat beberapa saku-nya. daripada tidak membuat tutorial sama sekali.
Juga sekalian untuk dokumentasi yang tujuannya jika suatu saat lupa cara membuatnya kan berarti mudah, tinggal buka dokumentasinya. dan…. agar ada pahala-nya, ya, di-share. setiap ada yang membuat saku dengan menggunaka tutorial ini, bebarti aku dapat pahala. YEAYYYY!!!! *loncat-loncat kegirangan.

yuk, kita mulai dari sini…. bahasa inggrisnya: let’s start here…

tapi… sebelum dimulai, yang pasti nih… kita harus siapkan kain yang dibutuhkan, yaitu kain dengan ukuran:
1. 20 x 25 cm  2 lembar
2. 15 x 8 cm  1 lembar (serong)
3. 15 x 36 cm  1 lembar

seperti foto di bawah ini, khusus untuk yang serong, sebaiknya yang motif garis (salur) agar memudahkan kita karena benar-benar yakin bahwa bentuknya benar-benar serong. Ya…., namanya juga masih amatiran, jadi harus banyak latihan sebelum terjun ke bahan dengan motif lain dan bahan jenis lain selain katun. Sekarang mah mainannya sama katun aja dulu. Biar puaaaasssss ^.^

siapkan kain dengan ukuran tertera, ya...

siapkan kain dengan ukuran tertera, ya…

—————————————————————————————————————–
———- STEP 1 ————

ambil satu lembar kain dengan ukuran 20 x 25 cm, buat garis di bagian sisi buruk kain (bagian dalam) hingga membentuk suatu ruang seperti pada gambar dengan ukuran panjang 12 cm dan lebar 2 cm.

buat gambar seperti ini, Dearssss...

buat gambar seperti ini, Dearssss…

———- STEP 2 —————
gunting garis di tengah dan garis yang membentuk segitiga sama kaki di salah satu sisi.

gunting-gunting...

gunting-gunting…

———- STEP 3 ——————
ambil kain ukuran 15 x 8 cm, buat lapisan viselin dengan ukuran yang sama. rekatkan keduanya dengan cara disetrika. ket: viselin bisa dibeli di toko alat-alat jahit. minta yang paling bagus kualitasnya, biar hasilnya kece.

kain katun motif garis/salur dan viselin

kain katun motif garis/salur dan viselin

disetrika, penampakannya jadi seperti ini:

penampilan kain katun dan viselin yang sudah direkatkan

penampilan kain katun dan viselin yang sudah direkatkan

bila sudah siap-sedia, letakkan kain warna kuning yang sudah digunting di atas kain yang sudah diberi viselin dengan catatan kain sisi bagus (luar) saling berhadapan.

Jahit kedua kain tersebut pada garis lurus bagian bawah.
kantongsampingdenganpaspoile-step3

———- STEP 4 ——————
Balik kain yang sudah dijahit hingga tampak bagian depan.
kantongsampingdenganpaspoile-step4a

lipat kain ber-viselin ke arah belakang selebar 2 cm, seperti pada gambar di bawah:
kantongsampingdenganpaspoile-step4b

beri pentul pada bagian bawah kain ber-viselin.
kantongsampingdenganpaspoile-step4c

jahit bagian yang sudah diberi pentul

kantongsampingdenganpaspoile-step4d

tips penting, jangan lupa bagian lebihnya (disebut kampuh) dimasukkan ke dalam bagian yang 2 cm itu. Agar hasilnya tampak bagus.

kantongsampingdenganpaspoile-step4e

———- STEP 5 ——————
Ambil kain berukuran 15 x 36 cm, satukan dengan hasil dari step 4.
kantongsampingdenganpaspoile-step5a

lipat, lalu jahit dengan garis bagian atas dari kotak yang telah dibuat di step 1:
kantongsampingdenganpaspoile-step5b

jahitnya persis dengan garis yang dibuat, ya…
kantongsampingdenganpaspoile-step5c

——– STEP 6 —————
dilanjut dengan menjahit bagian yang segitiga dari bagian dalam, seperti tampak pada gambar
kantongsampingdenganpaspoile-step6

jahit, pakai mesin dengan arah seperti di gambar, ya…
kantongsampingdenganpaspoile-step6b

Oke, sekian dulu kantong paspoile-nya. sekarang coba dicek. bener nggak jadinya seperti pada gambar di bawah ini:
kantongsampingdenganpaspoile-step6c

kalau kamu berhasil bikin seperti di gambar, berarti kamu sukses: YEAAYYYY!!!
tapi…. belum sepenuhnya selesai, Say… masih harus dilanjut seperti pada step 7 di bawah ini:

———- STEP 7 ———
ambil satu kain tersisa (kebetulan aku pakai motif polkadot), letakkan disebelah saku paspoile yang sudah setengah jadi itu. dengan posisi bagian bagus sama-sama di depan, ya.
kantongsampingdenganpaspoile-step7a

lalu ambil ujung kain polkadot, diangkat dan dibalik hingga menutupi saku paspoile setengah jadi.
kantongsampingdenganpaspoile-step7b

lalu, jahit lurus mengikuti garis merah seperti terdapat pada gambar.
kantongsampingdenganpaspoile-step7c

nah, kalau sudah dijahit, pinggirnya akan rapi seperti ini:

TARARAAAAA FINISH!!!

TARARAAAAA
FINISH!!!

YEAAAAAYYY!!!!
gimana, bisa kan? gampang kan?
kalau masih bingung ini gunanya apa? untuk apa? coba yuk kita main ibarat-ibaratan. hahahaha (bahasanya aneh) BIARIN!!!😀
coba ya, ibaratkan kain warna kuning itu adalah baju bagian depan, sementara kain polkadot ini baju bagian belakang. dapat gambarannya kan sekarang?
yuk, dicoba, Say… bikin baju dengan aplikasi ini, atau aplikasi saku lainnya. seru deh. disamping baju jadi lebih kece, kita juga jadi lebih jago, nggak kalah deh sama penjahit profesional. dijamin. semoga bermanfaat, ya…

Tangerang Selatan, 21 October 2014 selesai buat tutorial ini jam 4:14 WIB

 

One thought on “Tutorial – Kantong (Saku) samping dengan Paspoile

  1. Pingback: Macam-macam Kantong atau saku | it's about my new life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s