Blouse kerah kemeja dengan hiasan opnaisel, lengan pof dengan manset

Ini praktek ke-enam, tapi seperti biasa, dikerjainnya pake lama. Hehehe

Praktek kali ini aku sengaja bikin asimetris, biar lebih keren, karena tantangannya sedikit berbeda. Yang pertama, pastinya siapin dulu alat, bahan, sekaligus tempat gerjainnya, cari tempatnya yang luas dan tentu aja nyaman, seperti yang kulakukan (di kantor :p )

gelar kertas kopi untuk buat pola. meja besar ini meja rapat kantor yang juga berfungsi sebagai meja makan/meja santai.

gelar kertas kopi untuk buat pola. meja besar ini meja rapat kantor yang juga berfungsi sebagai meja makan/meja santai.

Setelah semua siap sedia, mulai deh dengan bikin pola…, tentunya dengan bantuan buku panduan.

buat pola kemeja dengan bantuan buku panduan

buat pola kemeja dengan bantuan buku panduan

Nah, kalo udah selesai bikin pola, saatnya potong bahan dengan cara meletakkan polanya dulu di atas bahan, berhubung kali ini bagian depannya aku buat asimetris, jadinya tahap pemotongannya juga dua kali lipat, yaitu yang pertama tanpa hiasan opnaisel dan yang kedua dengan hiasan opnaisel, seperti ini

pola pertama bagian sebelah kiri (tidak digunting bagian opnaiselnya)

pola pertama bagian sebelah kiri (tidak digunting bagian opnaiselnya)

Gambar yang di atas ini adalah yang polos, tanpa opnaisel, setelah bahan dipotong (setelah diberi kampuh tentunya), baru kemudian pola yang di kertas coklat itu di potong sesuai garis untuk memberikan kesan opnaisel seperti pada gambar di bawah ini, kalo udah dipotong, baru diletakkan dia atas bahan dengan masih-masing pola diberi jarak kurang lebih 2 cm

pola bagian depan digunting sesuai garis, lalu masng-masing diberi jarak 2 cm untuk membuat hiasan opnaisel

pola bagian depan digunting sesuai garis, lalu masng-masing diberi jarak 2 cm untuk membuat hiasan opnaisel

Setelah itu jahit semua bahan yang sudah dipotong seperti biasa, jangan lupa jahitan opnaisel-nya ya…. (maaf, bagian lainnya nggak difoto)

6-kemeja-5

Kalo semua sudah rapi dijahit (termasuk kerahnya), baru kemudian tinggal finishing-nya, yaitu jahit lubang kancingnya.

Alat-alat yang dibutuhkan, pensil, meteran, kancing, sepatu lubang kancing dan tentu saja perlu mesin jahitnya juga)

bahan untuk membuat lubang kancing dan kancingnya

bahan untuk membuat lubang kancing dan kancingnya

Kalo semua sudah siap, tandai bagian yang akan dibuat lubang kancing

6-kemeja-7

Setelah semua ditandai, setting mesin jahit sesuai dengan buku panduan yang ada, kemudian lakukan tes membuat lubang kancing pada bahan perca yang sudah tidak digunakan lagi (hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan langsung pada pakaian yang sudah dijahit)

6-kemeja-8

Setelah percobaan dirasa sudah pas di hati dan sudah rapi, baru ready untuk diaplikasikan di pakaian yang sudah dijahit. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

6-kemeja-9

Jika semua lubang kancing sudah dibuat, jahit kancing sesuai dengan letak lubangnya, ya…

6-kemeja-10

Dan kemudian siap dipajang di manekin deh

6-kemeja-11

sayangnya kemeja pink ini belum di-setrika tapi udah di-pejeng, jadi… belum licin.😉

Tangerang Selatan, 21 Mei 2014 10:17 WIB

2 thoughts on “Blouse kerah kemeja dengan hiasan opnaisel, lengan pof dengan manset

  1. Pingback: it's about my new life...

  2. Pingback: Diantian Style 003 – Maroon Edition – 2016 | it's about my new life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s