Kursus Jahit (lagi)

mungkin karena keinginan itu meledak-ledak kali, ya, akhirnya… aku nggak bisa tidur semalaman dan harus balas dendam di hari berikutnya untuk menghilangkan pusing kepala.

pertanyaannya: keinginan apa?

Jawabannya: keinginan untuk menjadi penjahit professional, punya butik dan brand sendiri.

keinginan itu sendiri udah ada sejak dulu. sejak kecil. sejak akhirnya mama menyetujui diriku belajar jahit di rumah temannya. setelah aku merajuk sekian lama dan akhirnya dipenuhi, tentu aja senang bukan main. bahagia banget. dan aku merasa duniaku ada disana. pengin jadi designer. hingga merelakan menjual kalung emas pemberian nenek untuk membeli mesin jahit butterfly. tapi… karena (lagi-lagi) kendala biaya, aku harus berhenti di tengah jalan.

akhirnya aku serius belajar sekolah. SD. SMP. walaupun masih suka menjalani kegiatan seni apapun, bahkan sampai survey-survey tempat pembuatan label karena pengin banget jahit baju terus dikasih label sendiri. kalo dinget-inget lucu juga, dulu labelnya: dian’s gila’s collection (barang apapun milikku aku kasih label itu).

ketika lulus SMP, sempat punya keinginan untuk melanjutkan ke SMK, jurusan Tata Busana. sesuai minatku, dan cita-citaku: jadi designer. sering liet-liet kalo ada pakaian di majalah-majalah (punya Tante), atau buku-buku (Punya Tante atau dimana aja menemukannya).

waktu itu diajak temen sekelas survey ke SMKN 30 Jakarta. pengin banget masuk ke sekolah itu, tapi… sayang beribu sayang, ortu nggak setuju dan memasukkan ke SMA di Pesantren. keinginan untuk jadi designer sirna. terkubur rapat di hati.

karena masuk Pesantren, biaya bulanan lumayan mahal dan karena tidak terpakai lagi, akhirnya mesin jahitku dijual. (sedihnya… :()

it’s okay, perlahan. aku tetap melepaskan mimpi untuk jadi designer. tapi… saat itu aku masih suka menggambar baju, melihat teman-teman memakai pakaian yang menurutku menarik, langsung aku gambar. semua teman mengatakan gambar bajuku bagus.:)

seusai SMA (harus pindah sekolah), aku melanjutkan kuliah dan malah mengambil jurusan teknik. saat kuliah, suka mupeng banget lihat bahan-bahan di toko bahan. liet peragaan busana di TV-TV. rasanya aku tak mengedipkan mata saat itu.

dan akhirnya kini, bulan puasa kemarin diijinin sama Kanda untuk beli mesin jahit portbale SUV1122. dan sekarang, aku memilih untuk ikut kursus jahit lagi. mulai dari nol lagi. walaupun sebenarnya aku sudah pernah belajar sampai pecah pola segala.

hari Kamis lalu (14/11), akhirnya fix aku mendaftar (setelah survey sana-sini) dan langsung belajar di Kursus Menjahit Juliana Jaya di daerah Ciputat. langsung ambil paket dasar, trampil dan Mahir dengan membayar 4,5 juta.

brosur dan catatan survei kursus menjahit

brosur dan catatan survei kursus menjahit

masuk hari Kamis siang sekitar jam 13:30 WIB sampai jam 4 sore, belajarnya sudah selesai sampai bikin pola dasar badan wanita (ukuran catatan, bukan ukuran diri-sendiri), juga pola dasar rok dan lengan (pendek dan panjang), memang sengaja agak ngebut karena targetnya (target diri sendiri sih) hari Jum’at harus sudah mulai pakai mesin jahit di tempat kursus, yang berarti sudah potong pola dan bahan.

rumus pola dasar wanita dewasa

rumus pola dasar wanita dewasa

sayangnya, hari Jum’at nggak kesampaian tuh target karena ternyata harus bikin pola kecil (ukuran badan sendiri) dengan menggunakan scala 1/4.

pola kecil ukuran badan sendiri (scala 1/4)

pola kecil (scala 1/4)

Dan kursus jahitnya baru bisa aku lanjutkan lagi hari Selasa (19/11/2013), karena hari Senin kemarin masuk kantor. semoga bener-bener bisa ngebut dan sampai di tingkat mahir secepatnya.

Jakarta, 19 November 2013 04:12 WIB

4 thoughts on “Kursus Jahit (lagi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s